Hampir Semua orang indonesia tahu jika RA kartini berasal dari jepara, beliau terkenal dengan perjuangan emansipasi wanita, bahkan setiap tanggal 21 April selalui di peringati Hari kartini di seluruh indonesia, kebesaran nama beliau kemudian di jepara di dirikanlah musium yang menyematkan nama Beliau yakni Musium RA. Kartini untuk mengenang jasa dan perjuangan Beliau.

Musium ini terletak di Utara-alun-alun jepara, pas di sekitaran pojok alun-alun berbatasan dengan jalan depan Kodim Jepara. musium yang di buat untuk mengenang RA. Kartini merupakan musium umum dan sekaligu musium wisata sejarah yang siapaun bisa mengunjunginya, musium ini di dirikan di atas 5.210 m2 tanah, yang bangunannya jika di lihat dari atas akan berbentu hurun K, T dan N yang merupakan singkatan dari Kartini.

museum kartini di kelola langsung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten jepara, untuk lokasi peta musium sebagaimana peta di bawah ini :

Fasilitas Museum RA Kartini

Untuk menunjang pengoptimalan Fungsi Museum , pemeritah telah menambahkan berbagai

fasilitas yang tersedia di Museum Kartini diantaranya :

  1. Cafetaria
  2. Ruang Panggung Seni Teatrikal (Opera)
  3. Ruang Bioskop Film Kartini
  4. Toko Sovenir
  5. Toilet
  6. Taman Parkir

benda – benda peninggalan R.A. Kartini dan kakaknya, Sosro Kartono di himpun dan di abadikan di dalam musium ini, selain itu ada pula benda – benda kuno yang ditemukan di Kabupaten Jepara. ruang koleksi museum dibagi menjadi empat ruang:

  • Ruang pertama yakni badan gedung K digunakan untuk koleksi R.A. Kartini yang berupa benda – benda dan foto semasa hidup.
  • Ruang kedua yang merupakan bagian dari kaki gedung K berisi peninggalan Sosro Kartono.
  • Ruang ketiga digunakan untuk penyajian benda – benda bersejarah dan purbakala serta kerajinan Jepara yang seperti Tenun ikat Troso, anyaman bambu dan rotan.
  • Ruang keempat merupakan gedung T yang berisi tulang ikan raksasa bernama Ikan Joko Tua Jenisnya adalah Paus Gajah, yaitu ikan Paus yang punya belalai yang ditemukan di perairan karimunjawa.
Rangka tulang ikan paus Joko tuo

Museum ini bisa menjadi tempat alternatif untuk di kunjungi oleh sekolah, keluarga dan instansi lain guna mengenang perjuangan RA Kartini dan mengajarkan kepada anak-anak penerus kita akan pentingnya menjaga warisan sejarah masa lalu. oh iya untuk masuk kedalam kita akan di minta untuk membeli tiket masuk yang tidak mahal yakni hanya Rp. 5 Ribu saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here